Eksplorasi Pembelajaran, Mahasiswa STAI DDI Maros Belajar “Wawasan Nusantara” di Balla Lompoa Maros

Menjelang akhir perkuliahan semester genap, mahasiswa STAI DDI Maros belajar “Wawasan Nusantara” di istana Balla Lompoa, Kassi Kebo, Maros. 21 Juni¬†2022

Dalam kunjungan tersebut dihadiri sekitar lima puluh mahasiswa dari semester II prodi Pendidikan Agama Islam kelas A dan B. Didampingi oleh pengampu mata kuliah, Abdul Rahman dan diterima langsung Pemangku Adat Kekaraengan Marusu Andi Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja.

“Kegiatan ini adalah rangkaian pembelajaran pendidikan kewarganegaraan satu semester.
Sebagai stimulus dan guna mengeksplorasi pembelajaran yang lebih efektif, dan sebagai langkah edukatif serta preventif atas distorsi yang bisa terjadi di kalangan mahasiswa terhadap lahirnya NKRI, ke-bhinekaan dan hal substantif soal sejarah kebangsaan lainnya, diperlukan pembelajaran dan kesadaran mahasiswa secara autentik. Kemudian diharaokan mampu berpikir dan termanifestasi nilai-nilai kebangsaan secara genuin. Kuliah ‘wawasan nusantara’ inilah hal pokok untuk menjawab itu. Dan tempatnya relevan dengan histori istana Balla Lompoa,” Tegas Rahman

Andi Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja selaku pemangku adat kekaraengan Marusu sangat mengapresiasi maksud silaturrahmi dan kunjungan belajar ini. Pada kesempatan yang sama, juga menjadi narasumber. Beliau banyak memberi materi kesejarahan nusantara dan penyatuan NKRI, pentingya nilai-nilai budaya, sejarah kerajaan di Sulawesi Selatan khususnya peran kerajaan Marusu. Selain itu, memotivasi mahasiswa selaku calon tenaga pendidik serta mengingatkan agar waspada terhadap propaganda.

“Soal propaganda ini, kami meminta kepada adik-adik mahasiswa agar sadar dan jangan mudah termakan informasi yang salah. Yang sekiranya itu akan merusak kita dan membuat kita berselisih, mulai tingkat pribadinya kita sampai tingkat kenegaraan.” Ungkap Karaeng Sioja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.