Peduli kepada Anak-anak TPQ, Mahasiswa KKN Kolaborasi Membantu Mengajar Mengaji di TPQ Al-Mutazam A

Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi dari berbagai Perguruan Tinggi Islam di Sulawesi Selatan memberikan pengajaran mengaji secara suka rela di TPQ Al-Mutazam A, Dusun Samanggi Baru, Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Rabu, (23/2/2023).

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada santri. Untuk mengurangi kerumunan karena banyaknya jumlah santri, kegiatan ini dimulai pada pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

Risma, selaku koordinator kegiatan pendampingan mengajar mengaji mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk pendampingan mengajar mengaji yang sangat mulia. “Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi mahasiswa KKN Kolaborasi dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an pada santri, ” Imbuhnya.

Harapan kami semoga para santri TPQ Al-Mutazam A dapat mengamalkan apa yang telah didapat selama menimbah ilmu agama di TPQ hingga akhirnya jiwa mereka terbentengi dengan nilai-nilai agama dan semoga mereka tidak sampai terpengaruh hal-hal yang jauh dari agama.

Ibu Nurhayati selalu ustadzah sekaligus kepala TPQ Al-Mutazam A merasa senang dengan adanya tim KKN Kolaborasi yang melakukan pendampingan belajar mengaji. ” Saat ini banyak pengajar dari sejumlah 40 santri. Pendampingan rekan-rekan mahasiswa ini sangat membantu saya di TPQ ini, ” ujarnya. Selain itu kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang baik dari santri-santri ketika belajar mengaji.

Mahasiswa KKN Kolaborasi desa Samangki berharap para santri lebih bersemangat dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga dapat menjadi santri yang berkualitas demi menghadapi dunia fana, menjadikan insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

(Penulis: Risma dan Rahmatika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *